Jumat, 06 November 2015

Penyakit Kulit Bayi Dan Cara Penanganan

Share it Please





Anatomi kulit bayi sangat berbeda dengan kulit orang dewasa , bayi adalah kelompok usia dini yang sangat rentan terhadap gangguan kulit. Sehingga rentan terhadap serangan sakit kulit.

Pada bayi , struktur kulitnya lebih tipis, ikatan antar sel nya lebih lemah dan lebih halus. Kulit bayi juga memiliki pigmen yang lebih sedikit dan tidak mampu mengatur temperatur seperti halnya anak -anak dengan usia lebih tua atau orang dewasa.

Berikut ini mari kita kenali beberapa jenis penyakit kulit yang umumnya di temukan pada bayi dan cara penanganannya:

  • Eksim

Eksim dapat muncul di manapun pada tubuh bayi mulai dari usia 3 sampai 4 bulan , meslipun sangat jarang ditemukan di daerah bekas pemakaian popok. Eksim atau sering disebut eksema atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit hingga akhirnya pecah  dan mengeluarkan cairan. Kondisi yang lebih parah , penyakit ini juga dapat menyebabkan kulit berubah menjadi merah mengeluarkan nanah dan kerak.

Penyebab : Apapun bisa menjadi pemicu bayi rentan terhadap eksim (dengan predisposis genetik atau riwayat alergi dalam keluarga). setiap bayi punya riwayat eksim yang berbeda beda. Ada orang yang setelah memegang sabun atau detergen akan merasakan gatal yang luar bisa, ada pula yang di sebabkan oleh alat rumah tangga.

Penanganan : Tujuan utama dari pengobatan adalah menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Ketika kulit teresa sangat kering dan gatal sangat di anjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab.

  • Biang keringat
Keringat atau dikenal dengan sebutan miliaria, bisanya terjadi pada leher, wajah, punggung atau bokong bayi. Secara klinis miliari terlihat dengan adanya kulit kemerahan disertai rasa gatal sehingga bayi menjadi lebih rewel dengan gelembung gelembung kecil berair.

Penyebab : Udara panas, cuaca lembab, pakaian yang ketat dan aktifitas bayi yang tinggi dapat memicu ruang biang keringat.

Penanganan : Sedapat mungkin hindari bayi dari suhu yang terlalu panas dan berikan pakaian yang longgar. Dengan begitu ruam akan terlihat lebih baik dalam waktu sekitar 30 menit.

  • Intertrigo
Intertrigo yaitu suatu peradangan terhadap lipatan tubuh. Biasanya terletak di paha bagian dalam ,ketiak. Lipatan ini membuat kulit tampak merah, gatal dan menyebabkan rasa sakit bila terjadi gesekan. Bisanya terjadi pada bayi yang gemuk.

  • Seborrhea
Seborrhea yaitu peradangan pada kulit bagian atas yang menyebabkan timbulnya sisik pada kulit kepala , wajah , kadang pada bagian tubuh lainnya seperti belakang telinga , leher , pipi dan seperti ketombe. Sering terjadi pada bayi yang berumur 6 bulan.

Penanganan : Oleskan minyak zaitun pada kepala bayi anda, kemudian oleskan secara merata.

  • Dermatitis kontak
Yaitu inflamasi pada kulit yang terjadi karena kulit terpapar oleh bahan yang menyebabkan alergi, yang menyebabkan gatal dan rasa terbakar.

Penyebab : Bisa terjadi akibat baju yang kotor.

Penanganan : Menghindari bahan yang menyebabkan iritasi dan penggunaan krim yang mengandung hidroksida dapat mengurangi gatal, dan jika parah harus di konsultasikan dengan Dokter.

Baca juga :
Keuntungan bangun pagi
Tips merawat gigi dan mulut
8 manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh kita
Efek negatif dan positf kopi
Gejala penyakit stroke
Kelainan Albino



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers

Feature Top (Full Width)

Follow The Author